Sabtu, 04 Desember 2010

Jenis-Jenis Ikan Hiu

Jenis-Jenis Ikan Hiu yang unik

GREAT HAMMERHEAD SHARK 
Memiliki panjang antara 2 hingga 6 meter, dan semua spesies memiliki kepala menyerupai martil gepeng. Mata dan lubang hidup ada di ujung kepala. Mereka ditemukan di perairan hangat sepanjang garis pantai dan paparan benua.

Kepala yang berbentuk seperti martil ini juga memberikan keuntungan berupa area penciuman yang lebih luas, meningkatkan potensi menemukan partikel di air sedikitnya 10 kali dibandingkan dengan hiu "klasik" lainnya. Great Hammerhead, Sphyma mokarran adalah hiu terbesar dari semua jenis hiu hammerhead yang dapat hidup sehingga 20 kaki. Great Hammerheads dapat di temukan di seluruh dunia layaknya hiu - hiu yang hidup di perairan khatulistiwa. Berbeda dengan hiu lainnya, hiu Great Hammerhead ini merasa manusia sebagai bahaya, mereka (Great Hammerheads) bersifat sedikit 'lebih pemalu' di banding hiu - hiu lain, dan sering kali merasa menghindari manusia. 
Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh manusia adalah jenis betina dengan berat 1280 lbs (580,59 kg).
_________________________________________________________________

GOBLIN SHARK
Pernah ditemukan di perairan jepang dan termasuk jenis hewan purba yang masih bisa bertahan hidup hingga saat ini. Jenis ini memiliki panjang 1,3 meter serta bentuk yang unik dengan moncong pipih dan panjang. Biasanya hidup di kedalaman 150 hingga 200 meter.
Goblin Shark adalah hiu dari famili Mitsukurinidae. Dan nama latin dari hiu ini adalah M. owstoni, dimana "M" untuk Mitsukurinidae. Hiu ini adalah hiu perairan dalam, dimana hiu tersebut adalah satu-satunya hiu yang ada di famili Mitsukurinidae. Yang paling mencolok dari makhluk ini adalah sebuah jidat yang panjang dan berbentuk seperti sekop. Beberapa keunikkan lain dari hiu ini adalah warnanya yang merah muda atau pink, tubuh yang panjang dan rahang yang menjulur keluar.


Goblin Shark bisa ditemukan di hampir seluruh dunia; dari Australia hingga Samudra Pasifik, dari teluk Meksiko ke Samudera Atlantik. Namun, tempat terbaik dimana kita bisa menemukannya adalah di Jepang, dimana spesies ini untuk pertama kalinya ditemukan. Makanan utama mereka adalah cumi laut, ikan laut, dan kepiting. Sulit membayangkan bagaimana ikan tersebut memakan kepiting?? :p
_________________________________________________________________
 THREASHER SHARK
Jenis ini adalah yang terbesar dari tiga spesies hiu (panjangnya sampai dengan 6,1 meter) dan dapat ditemukan di semua daerah beriklim hangat. Selain itu mulai dari gigi sampai ekor merupakan senjata untuk melumpuhkan mangsanya. Hiu jenis ini telah mengalami penurunan populasi yang signifikan karena adanya penangkapan yang berlebihan.
Jenis ikan hiu Bigeye Thresher, Alopias superciliosus, menempati urutan ke- 10 jenis hiu terbesar di dunia. Hiu jenis Bigeye Thresher dapat di temukan di daerah laut khatulistiwa dunia dan dapat di temukan di kedalaman 1650 kaki di dasar laut. Hiu Bigeye Thresher mempunyai ciri khas berwarna abu keunguan dan dapat hidup sepanjang 15.1 kaki dan mencapai besar hingga 795 lbs (360.60 kg).
_________________________________________________________________

FRILLED SHARK
Adalah ikan hiu yang jarang terlihat di permukaan, jenis ini terkenal karena pertumbuhan gigi mereka yang aneh. Frilled Shark atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Hiu Berjumbai, memiliki nama ilmiah Chlamydoselachus anguineus. Ikan ini ditemukan pertama kali di Jepang pada tanggal 21 Januari 2007, dekat Awashima Marine Park di Shizuoka, barat daya Tokyo.

Menurut Wikipedia, Frilled Shark adalah satu dari dua Chlamydoselachus yang masih hidup. Penyebarannya merata di Atlantik dan Samudra Pasifik. Jenis hiu ini jarang ditemukan di landas kontinen luar dan bagian tas lempeng benua dan umumnya ada di bagian bawah, walaupun ada gerakan ke atas subtansial.


Frilled Shark ditangkap di kedalaman 1.570 meter (5150 kaki). Sedangkan di Teluk Suruga, Jepang, umumnya dikedalaman 500-200 meter.




_________________________________________________________________
WHALE SHARK
Hiu ini ditemukan oleh penyelam yang berenang di pantai Kepulauan Galapagos pada bulan Agustus 2008 dan Hiu ini dapat tumbuh hingga 50 sampai 60 kaki serta beratnya dapat mencapai 10 ton. Ikan hiu ini ditemukan pada samudera tropis dan hangat dan tinggal di laut terbuka dengan umur sekitar 70 tahun.

Menurut Wikipedia Indonesia, Megalodon (atau Megatooth yang berarti gigi raksasa) merupakan sebuah spesies hiu purba raksasa. Hidup antara 20 sampai 1, 2 juta tahun yang lalu. Konon, hiu ini berukuran lebih besar daripada sebuah kapal pesiar. Ukuran dari makhluk ini masih menjadi kontroversi. Meskipun begitu, para ahli sains mengatakan bahwa ukuran hiu ini lebih besar dari Hiu Paus (Rhincodon typus). Klik di sini untuk melihat video Whale Shark dari National Geographic.




_________________________________________________________________
GREENLAND SHARK
Merupakan salah satu Hiu terbesar dari perairan Samudera Atlantik Utara sekitar Greenland dan Islandia. Hiu ini hidup jauh di utara daripada spesies ikan hiu lainnya. 
Hiu jenis ini dapat tumbuh hingga 6,4 m (21 kaki) dan mencapai berat 1000 kg.
Hiu Greenland Shark dengan nama latin Somniosus Microcephalus atau di kenal dengan 'sleeper shark', 'gurry shark', ground shark', 'grey shark' atau ' Inuit Eqalussuaq. Hiu 
ini adalah hiu yang besar dan dapat di temukan di sekitar perairan Atlantic utara, terlebih banyak di dekat Greenland dan Iceland. Hiu jenis ini dapat hidup sepanjang 21 kaki dan hidup selama 200 tahun! Mereka (Greenland) terkenal dengan binatang bertulang punggung yang pernah hidup terlama. Greenland cenderung hidup di kedalaman 6600 kaki di bawah permukaan laut, akan tetapi hiu Greenland ini pernah tertangkap kamera di laut dangkal serendah 24 kaki! Bayangkan! 

_________________________________________________________________

 MEGAMOUTH SHARK
Jenis hiu yang sangat langka sejak yang ditemukan pada tahun 1976. Dapat tumbuh hingga 18 kaki dan berat mencapai 2,5 ton.
AstroDigi.com | Megamouth adalah hiu yang tinggal di perairan dalam, tidak seperti hiu ganas yang lebih dikenal secara umum, Megamouth ini tidak menyerang manusia. Ia hidup dengan memangsa ikan-ikan yang hidup di lingkungannya. Seperti namanya Megamouth yang berarti mulut yang sangat besar, ikan hiu jenis ini memiliki mulut yang lebar seperti ikan paus.
 Megamouth akan membuka mulutnya dan berenang menuju mangsanya, sehingga cara makannya akan tampak seperti mesin penghisap debu alami. Megamouth tidak memiliki gigi-gigi tajam seperti halnya hiu putih atau hiu lembu, itu sebabnya jenis ini tidak berbahaya bagi manusia.





_________________________________________________________________

WHORL-TOOTH SHARK
Hiu berumur panjang ini pertama kali muncul di lautan Karbon dan banyak yang berpikir bahwa Hiu ini hanyalah mutasi, tetapi menurut catatan fosil menunjukkan bahwa ia hidup antara 280 dan 225 juta tahun yang lalu. Dan yang aneh adalah penemuan batu berbentuk "lingkaran gigi" di daerah Idaho, Wyoming dan Utah.












_________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar