Rabu, 22 Desember 2010

10 Langkah awal Diet Detox


Diet Detox artinya membersihkan darah dan membuang kotoran pada hati, dimana hampir semua racun menumpuk disana sebelum diuraikan ke bagian tubuh lainnya. Tidak sedikit iklan yang menawarkan sistem detox dengan cara mengkonsumsi obat ataupun suplemen lainnya. Namun perlu diingat bahwa mengurangi racun di dalam tubuh sebaiknya dilakukan dengan cara se-alami mungkin dan jika bisa dihindari zat kimia masuk ke dalam tubuh kita, dalam bentuk apapun juga. Diet detox ini bisa dilakukan dalam jangka waktu seminggu hingga 14 hari atau selama yang kita inginkan.

Untuk memulai diet ini, ada bebeapa langkah awal yang dapat kita lakukan. Cara termudah adalah men-juice semua buah dan sayur untuk diminum selama beberapa hari. Tidak lupa juga dianjurkan minum air dalam jumlah yang banyak per hari. Sebagaimana yang dianjurkan para pakar dalam proses detox ini, semua yang masuk ke dalam tubuh pada minggu-minggu pertama sebaiknya di-blender agar nutrisinya dapat terserap sempurna oleh tubuh kita. Hilangkan tambahan gula, garam, atau penyedap rasa apapun juga. Selain itu, gunakan buah dan sayur yang benar-benar segar dan hindari juice kemasan.


Berikut ini langkah awal diet detox :
1. Perbanyak Asupan serat ke dalam tubuh, seperti buah dan sayuran. Jika ingin makan nasi, ganti dengan beras merah. Sayur yang tepat untuk proses ini adalah kubis, brokoli, buah bit dan rumput laut.

2. Minum teh hijau alami tanpa gula setiap hari atau sehari dua kali untuk membersihkan serta melindungi fungsi hati.

3. Rutin mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga berfungsi sebagai penghasil zat glutathione yang membantu fungsi hati untuk menguraikan racun.

4. Minum air putih setidaknya 4-5liter per hari.

5. Latihan pernapasan agar sirkulasi oksigen yang masuk ke dalam sistem tubuh tetap lancar.

6. Hindari stress dengan cara berpikiran positif.

7. Mandi dengan menggunakan sistem hydrotherapy. Caranya adalah mandi dengan air panas selama 5menit, kemudian ganti dengan air dingin selama 30detik. Ulangi selama 3 kali dan kemudian usahakan untuk segera tidur setidaknya 30menit.

8. Mandi uap atau sauna sangat bagus untuk mengeluarkan racun melalui keringat.

9. Gunakan spons kasar untuk membersihkan pori-pori dari kulit mati secara rutin agar keringat dan kotoran yang keluar tidak tersumbat.

10. Jangan lupa berolahraga seperti yoga, lompat tali ataupun fitness agar sistem tubuh dan matebolisme tetap berjalan sempurna.


Cara hidup sehat tidak perlu mahal, yang penting bagaimana niat kita untuk menjalankannya. Sedikit sulit di awal tapi dengan mengadaptasikan proses ini sebagai kegiatan positif, lama-lama tubuh kita pasti akan terbiasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar